by

Sempat Akan Dicatatkan Ke Rekor Muri, Ini Pelantikan Notaris  Tembus 261 Orang

SEMARANG,INDONESIAPUBLISHER.COM – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Tengah kembali menggelar Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Notaris, pada Selasa (30/11/2021).

Berdasarkan  pantauan INDONESIAPUBLISHER.COM dari tempat acara, ini menjadi yang pertama setelah vakum selama satu tahun lebih karena Pandemi Covid-19.

Para Notaris Menandatangani Berita Acara Pelantikan

Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum sebagai otoritas yang berwenang terkait Kenotariatan, baru saja membuka kembali pendaftaran dan pelatihan untuk menjadi seorang Notaris.

Yang istimewa, kegiatan kali ini tercatat sebagai Pelantikan dan Pengambilan Sumpah dengan peserta terbanyak sepanjang sejarah yang dilakukan oleh Kanwil Kemenkumham Jateng.

Bahkan untuk mengakomodir peserta yang ada, Kanwil Kemenkumham Jateng harus memindahkan tempat pelaksanaan yang biasanya berlangsung di aula Kanwil ke Ballroom Hotel Metro Semarang.

Tercatat ada 260 Notaris baru yang dilantik dan diambil sumpahnya oleh Kepala Kanwil Kemenkumham Jateng,  A Yuspahruddin. Plus satu orang Notaris yang dilantik sehubungan dengan perpindahan wilayah kerja.

Jumlah tersebut belum ditambah 27 orang Anggota Majelis Pengawas Daerah Notaris yang juga dilantik dan diambil sumpah pada waktu dan tempat yang sama.

Hal itu mendapatkan perhatian khusus Kakanwil Kementerian   Hukum dan HAM  Jateng,. Yuspahruddin,BH,BcIP,SH,MH sampai berkelakar ingin mendaftarkan kegiatan tersebut ke dalam Museum Rekor Indonesia.

“Mungkin saya perlu sampaikan ke panitia pelantikan,  ini mungkin dilaporkan ke Museum Rekor Indonesia supaya dilaporkan ke Jaya Suprana,” ujarnya bercanda saat memberikan sambutan.

“Saya ngeri sekali ini ada 280 sekian, mungkin untuk pelantikan Notaris se-Indonesia, mungkin ini yang paling banyak,” tambahnya memperkuat.

Kakanwil juga berpesan agar semua peserta dapat menjalankan tugasnya segera dengan baik dan sesuai peraturan.

“Segera dapat melaksanakan tugasnya paling lambat 60 hari terhitung dari sejak tanggal pelantikan pengambilan sumpah atau janji ini,” imbuhnya.

“Segera menjalankan jabatannya dengan nyata. Kemudian menyampaikan Berita Acara Sumpah Janji Jabatan Notaris kepada Menteri, Organisasi Notaris dan Majelis Pengawas Daerah, serta menyampaikan dan mempersiapkan alamat kantor dan contoh tanda tangan,” sambungnya memberikan instruksi.

Adapun sebelumnya pelantikan dan pengambilan sumpah ini, jumlah Notaris yang tercatat di wilayah Jawa Tengah sebanyak 1991 orang.

Para Pejabat di lingkungan Kanwil Hukum dan HAM Jateng juga tampak hadir

Hadir pada acara tersebut, Kepala Divisi Administrasi, Jusman, Kepala Divisi Keimigrasian, Santosa dan Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM, Bambang Setyabudi.

Pada    kesempatan   tersebut tampak hadir  juga   Ketua Pengurus Wilayah    Jawa   Tengah Ikatan Notaris Indonesia (Pengwil   Jateng INI),   Dr.Widhi   Handoko,SH,SpN   bersama    jajarannya.

Ketua Pengwil Jateng INI, Dr. Widhi Handoko,SH,SpN serta Sekretaris Pengwil Jateng INI, Dr,Catharina Mulyani Santoso,SH,MH juga turut hadiri acara pelantikan Notaris

Ketua Pengwil Jawa Tengah INI, Dr.Widhi Handoko,SH,SpN pada kesempatan tersebut menyatakan, saya ucapkan selamat dan sukses kepada sebanyak 260 orang rekan-rekan Notaris se-Jateng yang turut dilantik oleh Bapak Kakanwil Hukum dan HAM Jateng. Selamat bertugas di wilayah kerja masing-masing, gunakan amanah jabatan tersebut dengan sebaik-baiknya tentunya dengan berpijak kepada ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Semoga rekan-rekan semua bisa menjaga keluhuran, kehormatan, harkat serta martabat marwah jabatan yang kalian sandang dan sematkan saat ini. Jadilah Notaris yang profesional dan handal yang menjadi pelayan masyarakat dengan baik, optimal dan prima. (yan/red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed