Semnas Dan Penandatanganan Kerjasama PP INI Dengan FK PS MKN PTS Indonesia Berlangsung Sukses & Meriah

Semnas Dan Penandatanganan Kerjasama PP INI Dengan FK PS MKN PTS Indonesia Berlangsung Sukses & Meriah

SEMARANG,(indonesiapublisher.com) –Program Magister Kenotariatan Fakultas Hukum Unissula Semarang bekerja sama dengan Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesa (PP INI) menyelenggarakan Seminar Nasional ( Semnas) dengan tema: “Tantangan Penerapan Cyber Notary Bagi Notaris Di Indonesia di Masa Yang Akan Datang.”

Rektor Unissula Semarang, Prof.Dr.H.Gunarto,SH,M.H saat membuka acara Seminar Nasional menyampaikan, Seminar tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan Forum Kerjasama Program Studi Magister Kenotariatan Perguruan Tinggi Swasta Indonesia FK PS MKN PTS I.

Rektor Unissula Semarang, Prof.Dr.H.Gunarto,SH,M.H

Prof. Dr.H. Gunarto juga mengungkapkan, untuk itu, kami ucapkan selamat datang kepada seluruh peserta Semnas yang hadir, terus tambah wawasan keimutan kalian semua. Semoga bermanfaat pastinya.

“Selamat juga dan sukses untuk pelaksanaan Penandatanganan Kerjasama ( MOU) antara PP INI dengan FK PS MKN PTS I), Semoga FK PS MKN PTS I serta PP INI akan terus berkontribusi dalam sumbang sihnya yang besar di bidang keilmuan kepada pemerintah, negara, masyarakat dan terutama kalangan dunia pendidikan di Indonesia.

Seminar Nasional ( Semnas) dengan tema: Tantangan Penerapan Cyber Notary Bagi Notaris Di Indonesia di Masa Yang Akan Datang.”

Terdapat beberapa narasumber handal, beken, dan berkompeten di bidangnya dalam Semnas tersebut, yaitu : Pembicara:1. Dr. Prem Kaur A/P Bahal Singh (UOW Malaysia KDU College) Penerapan Cyber Notary di Negara yang Menganut Common Law System2. Dr Agung Iriantoro, S.H., M.H. (PP INI) Urgensi penerapan Cyber Notary Dalam Pembuatan Akta Notaris di Indonesia3. Dr Habib Aji, S.H., M.H. (Ketua FK PS MKN PTS I) Problematika Penerapan Cyber Notary dalam Pembuatan Akta Notaris di Indonesia Saat Ini dan Yang Akan Datang.4. Tri Medya Panjaitan,SH, MH (Komisi III DPR RI) Harmonisasi Perundang-undangan dalam rangka Penerapan Cyber Notary. Pelaksanaan ari/tanggal : Sabtu, 6 Juli 2024Waktu : Jam 12.00 – 17.00 WIB,Tempat : Auditorium Unissula Jl. Kaligaer K4. Semarang.

Dan dalam kesempatan itu, Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia hadir dalam rangkaian Kegiatan Lomba Kenotariatan Nasional 2024 di Auditorium Universitas Islam Sultan Agung.

Ketua Umum PP INI, Tri Firdaus Akbarsyah, SH, MH

Ketua Umum PP INI, Tri Firdaus Akbarsyah, SH, MH dalam sambutannya mengatakan, PP INI dengan bangga berpartisipasi dalam rangkaian kegiatan Lomba Kenotariatan Tingkat Nasional 2024 yang diselenggarakan di Prodi MKN Fakultas Hukum Unissula Semarang.

Trims Firdaus mengatakan lagi, acara ini berlangsung selama dua hari, dari tanggal 5 hingga 6 Juli 2024, dan melibatkan berbagai delegasi dari perguruan tinggi swasta di seluruh Indonesia.

“PP INI hadir dalam acara ini sebagai bagian dari komitmen kami untuk terus mendukung peningkatan kualitas dan kompetensi lulusan Magister Kenotariatan di Indonesia. Delegasi PP INI yang hadir dalam rangkaian kegiatan in.

Selain itu, kata Tri Firdaus, PP INI kemarin pada tanggal 5 Juli 2924 juga turut serta dalam acara Sarasehan Kurikulum yang diadakan oleh Forum Kerjasama Program Studi Magister Kenotariatan Perguruan Tinggi Swasta (FK PS MKN PTS) Indonesia.

Dalam sarasehan ini, ungkap Tri Firdaus,kami berdiskusi mengenai pengembangan kurikulum yang lebih relevan dan sesuai dengan kebutuhan dunia kerja saat ini. Diskusi ini diharapkan dapat menghasilkan lulusan yang siap menghadapi tantangan profesi kenotariatan di masa depan.

PP INI juga berperan aktif sebagai juri dalam berbagai lomba yang diselenggarakan dalam rangkaian kegiatan ini, termasuk lomba debat hukum kenotariatan, lomba penulisan akta, dan lomba jurnal ilmiah kenotariatan. Para juri dari PP INI memberikan penilaian berdasarkan kebaruan, orisinalitas, kedalaman analisis, serta kecermatan sistematika penulisan, kesesuaian dengan tema, dan solusi yang ditawarkan dalam karya-karya peserta lomba.

Foto bersama Ketum PP INI beserta jabatannya dengan para jajaran pimpinan program studi yang tergabung dalam Forum Kerjasama Program Studi Magister Kenotariatan Perguruan Tinggi Swasta Indonesia

“Kami juga mendukung penuh program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diusung oleh pemerintah. Program ini memberikan porsi lebih pada program pemagangan bagi mahasiswa, sehingga lulusan Magister Kenotariatan dapat langsung bekerja tanpa harus mencari pekerjaan. PP INI berkomitmen untuk menjembatani harapan ini dengan membuat berbagai kebijakan yang progresif dan pro dunia kerja’, ucap Tri Firdaus.

PP INI terus berupaya untuk menghilangkan berbagai hambatan dalam memperoleh pekerjaan bagi lulusan Magister Kenotariatan. Melalui partisipasi dalam acara ini, kami berharap dapat berkontribusi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan memecahkan masalah pengangguran di Indonesia.

Ketua Umum PP INI, Tri Firdaus Akbarsysh, SH, MH dan Ketua FK PS MKN PTS)., Dr. Habib Adjie, SH, M. Hum menunjukkan naskah MOU yang telah ditandatangani

Dan berlanjut pada hari kedua,6 Juli 2024, dengan agenda penting penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) antara PP INI dan para jajaran pimpinan program studi yang tergabung dalam Forum Kerjasama Program Studi Magister Kenotariatan Perguruan Tinggi Swasta (FK PS MKN PTS).

Penandatanganan MOU ini dihadiri langsung oleh Ketua Umum PP INI, Tri Firdaus Akbarsyah, dan Sekretaris Umum, Dr. Agung Iriantoro. Kerjasama ini diharapkan dapat memperkuat hubungan antara PP INI dan institusi pendidikan tinggi, serta mendukung pengembangan kurikulum yang lebih baik dan relevan dengan kebutuhan profesi kenotariatan.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Universitas Islam Sultan Agung dan seluruh pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan acara ini. Semoga acara ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi perkembangan profesi kenotariatan di Indonesia”, pungkasnya. (edi/jay/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *