by

Pelaksanaan Seleksi ALB Dan Magang Bersama Pengwil Jawa Tengah INI Tetap Mengacu Kepada Protokol Kesehatan

SOLO,indonesiapublisher.com – Wakil  Ketua Bidang Program Studi dan Magang Pengwil Jawa Tengah INI, Esti Tridarwanti,SH,M.Kn menyatakan, meski  ditengah  masa pandemi covid – 19, kita tetap mengadakan Seleksi Anggota Luar Biasa (ALB) maupun Magang Bersama (Magber). Itu kaitannya kita juga mengakomodir dari  adik-adik calon Notaris yang akan mengikuti ALB  maupun Magang bersama.  Karena jika suasananya masih pandemi terus kita  mandeg dan tidak mengadakan Seleksi ALB dan Magber maka kasihan kepada  adik-adik calon Notaris.  Otomatis  mereka akan tertunda waktunya.

Hal tersebut diungkapkan oleh Esti Tridarwanti,SH,MKn  dalam perbincangannya dengan indonesiapublisher.com baru-baru ini di hotel The Sunan  Kota Solo, Jawa Tengah.

Lebih lanjut diuraikan oleh Esti, dalam menggelar Seleksi ALB dan Magber ini, kita tetap berpedoman kepada Standar Operasional Prosedur (SOP) Protokol kesehatan juga pembatasan kuota peserta kita bagi perkelasnya.   Terus  untuk periode bulan November 2020 kemarin juga kita adakan  di Alam Indah Hotel Semarang.  Adapun pemateri adalah seluruh Ketua-ketua Pengda INI di Jawa Tengah begitupun dengan pengujinya.  Jika untuk penguji magber memang itu ada semacam pembagian per semester masing-masing.  Untuk yang Seleksi ALB materinya misalkan peraturan Perkumpulan Peraturan, AD/ART Ikatan Notaris Indonesia dan lebih ditekankan lagi tentang Kode Etik.

Karena kedepan kalaupun kita sudah menjadi Notaris itu  yang perlu kita pahami dan kita pegang itu selain peraturan Perkumpulan juga  Kode Etik  itu  sendiri.  Karena selama  ini pelanggaran-pelanggaran lebih  banyak untuk di Kode Etiknya.  Jadi  dari awal  dari kita Seleksi ALB kita  sudah mulai  menekankan  untuk memahami    Peraturan Perkumpulan. AD/ART INI dan Kode Etik.  Terkait Magang bersama sendiri,  setiap semester sudah ada materi-materi silabusnya  sendiri-sendiri.   Jadi diharapkan nanti kalau  peserta Magber semester 1 harus sudah menguasai materi semester 1, semester 2, semester 3 dan semester 4.

Seleksi ALB dan Magang bersama Semester 1,2,3,4

Esti menerangkan, untuk Magang Bersama itu 24  bulan (dalam waktu 2 tahun) dibagi dalam 4 semester. Kalau di Jawa Tengah ,tiap semester itu materi untuk Magber kita sampaikan ke peserta sebisa mungkin akan lebih banyak kita ke komunikasi secara langsung.  Teknisnya, dari pemateri  memberikan materi terlebih dahulu. Peserta kita bagi perkelompok kelas.  Satu kelas nanti kita bagi satu  kelompok minimal 5 orang nanti dari 5 orang itu mempresentasikan  apa yang  oleh pemateri itu sudah disampaikan.  Karena disitu  nanti kita per meja itu akan kita bagi perkasus.  Nanti  dari  kasus itu, presentasi permeja sehingga kelompok peserta lain bisa menanggapi  ataupun  memberikan masukan.  Satu  sisi,nanti di akhir sesi itu aka nada semacam   kesimpulan dari  masing-masing permeja tadi.  Dari situ nanti akan kita dapat kan banyak sekali permasalahan atau kasus yang bisa kita uraikan baik kasus-kasus dalam praktek maupun masih sebagai calon Notaris.

Menurut Esti, disatu sisi kemarin ketika ada Rakerwil Jawa Tengah INI di hotel Sekuro  Jepara kebetulan saya juga menyampaikan masalah sosialisasi Notaris penerima  Magang.  Disitukan  ada syarat-syarat Notaris penerima Magang diantaranya  minimal sudah praktek Notaris 5 tahun.  Sudah membuat minimal 100 Akta dan sudah  memiliki SK pengangkatan sebagai Notaris  penerima Magang.  Tergantung kapasitas ruangan di kantor si Notaris itu.  Misalnya dia  menerima peserta magang 2 atau 3  sesuai dengan kapasitas ruangan dia juga sesuai dengan Notaris itu untuk  memberikan arahan atau waktu  anak magang materi semester 2  mengenai apa,dia  bisa membimbing disitu.  Kalau kaitannya misalkan perbankan dan Notaris itu  tidak pegang bank kan bisa diarahkan untuk ke Notaris lain. Tapi minimal sudah harus 6 bulan baru bisa ganti ke Notaris  lain.

Tanggapan  Dari Ketua  Bidang  Prodi dan Magang Pengwil  Jawa Tengah INI Seputar Seleksi ALB dan Magang Bersama

Ketua Bidang Prodi dan Magang Pengwil Jawa Tengah INI, Dr. Dahniarti Hasana,SH,M.Kn

Sedangkan Ketua Bidang Prodi dan Magang Pengwil Jawa TengahI  INI,  Dr. Dahniarti Hasana,SH,M.Kn yang  juga selaku Dosen Prodi Magister Kenotariatan Universitas Sultan Agung Semarang, Dr. Dahniarti  Hasana,SH,M.Kn menjelaskan, adapun point-point yang mau saya sampaikan bahwa kalau  untuk seleksi ALB sendiri sebetulnyakan  tidak difokuskan atau dikondisikan di Pengwil Jateng INI ya.  Akan tetapi pelaksanaannya itu bisa  Pengda juga sepanjang tetap koordinasi dengan Pengwil  setempat.   Jadi dalam hal ini  kita  lihat di pengda-pengda INI di Jawa Tengah  dimana yang sudah melaksanakan Seleksi ALB kemarin adalah Pengda Kabupaten Tegal.

Sehingga jika pengda-pengda lain mau melaksanakan itu juga hak mereka  sebab memang di Peraturan memang sudah diatur seperti  itu. Karena memang Cuma sat uterus kita mau mengakomodir para calon Notaris yang mau  mendaftar sebagai calon ALB jadi  kita  melaksanakan seleksi ALB itu sekaligus bersamaan dengan pelaksanaan Magang Bersama.

Karena urai Dahniarti,ini  untukmenyingkat waktu sekaligus tempat sekaligus  waktu  juga  untuk pengurus  dalam suatu waktu pelaksanaannya.  Lalu bicara soal Magber,  memang di Peraturan itu diatur  setiap tahun 4 kali  pelaksanaannya yaitu bulan  Februari, Mei, Agustus dan November.   Karena ini sudah masuk bulan Februari 2021  pelaksanaan Seleksi ALB dan Magber itu kita rencanakan pada tanggal 17 – 18 Februari 2021 di hotel The Sunan Solo.   Jika sebelumnya pelaksanaannya di Semarang maka memang   untuk bulan ini kita adakan di Solo.

Memang ditengah kondisi yang masih disuasana pandemi  ini,  diakui Dahniarti, kita sedikit mengalami kendala  ya. Karena harus mengikuti protokol kesehatan covid-19.  Seperti :  dalam satu ruangan tidak boleh melebihi dari 50 orang.  Termasuk juga untuk pelaksanaan 3 M tadi  mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, memakai  masker danmenjaga jarak. Memberlakukan Rapid antigen  sebelumpelaksanaan itu.  Kita berharap semoga  PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat)  tidak diperketat lagi karena segala sesuatunya  sudah kita persiapkan dengan matang.

Dahniartimenguraikan lagi,yang tidak kalah penting sebetulnya esensi daripada  pelaksaan Seleksi ALB dan Magber ini, disamping saya selaku pengurus Pengwil Jateng INI dan selaku Dosen Prodi MKn Unissula Semarang, maka selalu saya tekankan kepada mereka adik-adik calonNotaris, tidakhanya mata kuliah-mata kuliah keterkaitan dengan pekerjaan kita selaku Notaris-PPAT ya.  Tetapi yang paling penting itu kaitannya  dengan Etika Moral kita  sebagai seorang calon Notaris maupun sebagai pejabat kedepannya.   Pada seleksi ALB,kemungkinan bisa saja  berkaitan dengan  berkas-berkas  yang tidak seharusnya mungkin  kurang pantas untuk dilakukan  seorang calon  ALB Notaris, misalkan dengan berbagai cara  agar dia  lolos sebagai ALB  seperti  membuat surat keterangan palsu atau melalsukan surat-menyurat.  Itu  menurut saya sih sangat disayangkan, setingkat S2  harusnya mereka sudah paham  itu harus  menjadi tolok ukur  kedepannya seperti apa. 

Lalu,setelah proses Seleksi ALB dia harus mengikuti Magber setelah diamengikuti magang dikantor Notaris.  Dikantor Notaris sendiri,dia harus mengikuti kantor Notaris yang sudah ditunjuk oleh Pengwil bahwa  Notaris tersebut sudah bisa menerima Magang.  Tidak semua Notaris itu bisa menerima magang. Walaupun diaturannya disebutkan bahwa Notaris  wajib menerima ALB magang  tapi tidak semua karena ada persyaratan-persyaratan khusus.  Dalam  magber itu ada materi semester 1 yang sebetulnya bukan materi baru  sebab diperkuliahan sudah diberikan, itu untuk prakteknya saja,  jadi praktek magang diKantor Notaris dibawa kesana, itu merupakan semacam pembekalan lebih  kea rah pendidikan mental buat mereka.  Bagaimana mereka bersinergi  antara  ALB itub sendiri dan bagaimana nanti  mereka memecahkan masalah  sesame  Notaris yang sudah senior sebagai tentor di pelaksanaan magber  nanti. Jadi  para  tentor itu,khususnya di Pengwil  Jateng INI  sifatnya  nanti  para tentor/pemateri itu sifatnya seperti seorang penguji itub tidak,  namun sifatnya  disini  bersama-sama  untuk membagi pengalaman berbagi ilmu berdiskusi tentang  materi  ini itu  apa.  Bagaimana  cara kita menghadapi klien,jadi  seperti  itu.  Jika  kita selalukita tekankan  untuk  membimbing mereka sehingga kedepan kalau  sudah jadi Notaris mereka sudah siap pakai. 

Kita berharap  ALB-ALB yang tadinya mengikuti Seleksi ALB dan Magber di Pengwil Jawa Tengah INI bisa menguasai  materi-materi  yang diberikan dan nanti siap pakai kedepannya  untuk  membuka kantor Notaris yang betul-betul  mereka menerapkan dalam  menghadapi klien  atau masyarakat, menjadi Notaris yang bermartabat,profesional  dan handal.

Tanggapan dari  Notaris-PPAT Senior H. M.Mahfud,SH,M.Kn seputar Seleksi ALB dan Magber

H.M. Mahfud,SH,M.Kn,salah seorang Notaris-PPAT senior di Kabupaten Semarang dan Anggota Majelis Kehormatan Notaris Wilayah (MKNW) Jawa Tengah

Sementara itu,salah satu Notaris-PPAT senior Jawa Tengah khususnya di Kabupaten Semarang yang juga anggota Majelis Kehormatan Notaris Wilayah (MKNW) Jateng, H.M.Mahfud,SH,M.Kn  mengemukakan, saya sangat setuju khususnya Pengwil Jawa Tengah INI menyelenggarakan Seleksi ALB dan magber yang kabarnya dilaksanakan di Solo pada bulan ini.  Kesempatan magang itu harus digunakan dengan baik oleh adik-adik calon  Notaris. 

H.M.Mahfud menambahkan lagi,dimana para  ALB-ALB ketika dia mengikuti  magang dikantor Notaris yang setelahnya mengikuti kegiatan magang bersama,mereka bisa  menambah wawasan ilmunya  kepada  para Notaris-Notaris senior,bisa  berkonsultasi  tentang  apa dan bagaimana trik-trik  menghadapi klien  dan membahas  permasalahan dalamforum  diskusi perkelas.

Disamping itu,dalam kegiatan magang bersama itu,kata Mahfud,walaupun  mereka  mendapat materi-materi  secara global  baik semester 1,2,4 dan 4. Harapan saya selama ini yang sudah berjalan dengan baik  itu ditingkatkan terus, dan dikepengurusan yang sekarang ini saya nilai bagus karena memperhatikan seluruh anggota  Notaris serta  adik-adik calon Notaris.  Untuk ALB  saya harap penguasaan mengikuti materi  juga dipersiapkan dan  selamatmengikuti kegiatan Seleksi ALB dan magang bersama.  (jay/ars/ims/red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed