Kolaborasi Prodi MKn Unissula, PP INI & FK PS MKN PTS I Siapkan Calon Notaris- PPAT Unggul Serta Handal

Kolaborasi Prodi MKn Unissula, PP INI & FK PS MKN PTS I Siapkan Calon Notaris- PPAT Unggul Serta Handal

SEMARANG,(INDONESIAPUBLISHER.COM) –Kolaborasi Prodi MKn Unissula, PP INI & FK PS MKN PTS telah siapkan Calon Notaris- PPAT Unggul Serta handal lagi profesional. Terutama dalam menyongsong era transformasi digital atau Cyber Notary dewasa ini.

Dan berangkat dari itu semua, Program Magister Kenotariatan Fakultas Hukum Universitas Islam Sultan Agung ( Unissula) Semarang diberikan amanah oleh Forum Kerjasama Program Studi Magister Kenotariatan Perguruan Tinggi Swasta (FK PS MKn PTS) se-Indonesia menjadi tuan rumah Lomba Kenotariatan Tingkat Nasional Tahun 2024.

Ketua Prodi MKn Fakultas Hukum Unissula, Dr. Nanang Sri Darmadi, SH, MH

Lomba tersebut telah dilaksanakan pada Jumat, 5 Juli 2024, dilangsungkan di Gedung Fakultas Hukum Lantai 3 Unissula Semarang. Ketua Program Studi MKn Fakultas Hukum Unissula.

Dr.Nanang Sri Darmadi,SH,MH kepada INDONESIAPUBLISHER.COM mengemukakan, acara akan didahului dengan Technical Meeting pada sehari sebelumnya, 4 Juli 2024 lalu.

Diuraikan oleh Dr. Nang Sri Darmadi, lomba tersebut merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan Forum Kerjasama Program Studi Magister Kenotariatan Perguruan Tinggi Swasta (FK PS MKn PTS) se-Indonesia, yang juga dilaksanakan Pertemuan para pengelola Magister Kenotariatan, pada tanggal 5 Juli 2024 itu.

“Yang jelas, pada hari ini tadi Lomba Kenotariatan Tingkat Nasional Tahun 2024 telah dibuka secara resmi oleh bapak Rektor, Alhamdulillah animo serta antusias seluruh mahasiswa dari Prodi MKn peserta lomba dan para dosen pendamping sangat tinggi, mereka sangat mengapresiasi acara tersebut”, kata Dr. Nanang Sri Darmadi.

“Guna mendukung event nasional tersebut Prodi Magister Kenotariatan Fakultas Hukum unissula telah membangun website khusus untuk lomba tersebut yang dapat diakses melalui https://lombamkn.unissula.ac.id/ “, imbuh Nanang Sri Darmadi.

Sedangkan Ketua Forum Kerjasama Program Studi Magister Kenotariatan Perguruan Tinggi Swasta (FK PS MKn PTS) se-Indonesia, Dr. Habib Adjie, SH, M. Hum menyampaikan, pertemuan para pengelola prodi MKN tersebut tadi diantaranya membahas issue-issue tentang pengembangan Program Studi Magister Kenotariatan, terutama terkait pengembangan kurikulum.

Dan untuk Lomba Kenotariatan Tingkat Nasional Tahun 2024 ini, ada terobosan baru lho, Lomba dapat diikuti oleh mahasiswa Magister Kenotariatan di seluruh Indonesia baik PTN maupun PTS. Pendaftaran peserta dikoordinir oleh Ketua Program Studi perguruan tinggi masing-masing pula. .

Dr.Habib Adjie juga menguraikan, oleh karena itu, kami berkolaborasi dengan Prodi MKn Unissula dan Alhamdulillah telah siap menjadi tuan rumah Lomba Kenotariatan Tingkat Nasional tahun ini. Ini merupakan sebuah cerminan dan wujud dari kami yang tergabung dalam Forum Kerjasama Program Studi Magister Kenotariatan Perguruan Tinggi Swasta (FK PS MKn PTS) se-Indonesise-Indonesia yang juga didukung PP INI, selalu berdampingan dan mensuport mengadakan perjanjian kerjasama yang pada intinya guna menyiapkan para calon- calon Notaris- PPAT yang handal, unggul dan profesional tersebut.

Sekretaris Umum PP INI, Dr. Agung Iriantoro,SH,MH dan Ketua Forum Kerjasama Program Studi Magister Kenotariatan Perguruan Tinggi Swasta (FK PS MKn PTS) se-Indonesia, Dr. Habib Adjie, SH, M. Hum

Sekretaris Umum PP INI, Dr. Agung Iriantoro, SH, MH juga menguraikan, sebagai cermin dan perwujudan realisasi dalam mencetak para calon- calon Notaris- PPAT yang unggul, handal dan profesional itu, maka Program Magister Kenotariatan Fakultas Hukum UNISSULA Semarang, bekerja sama dengan Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesa (PP INI) menyelenggarakan Seminar Nasional dengan tema: “Tantangan Penerapan Cyber Notary Bagi Notaris Di Indonesia di Masa Yang Akan Datang.”  .

Dr. Agung Iriantoro menjelaskan, seminar ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan Forum Kerjasama Program Studi Magister Kenotariatan Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (FK PS MKN PTS I) Pembicara:1. Dr. Prem Kaur A/P Bahal Singh (UOW Malaysia KDU College)      Penerapan Cyber Notary di Negara yang Menganut Common Law System2. Dr Agung Iriantoro, S.H., M.H. (PP INI)    Urgensi penerapan Cyber Notary Dalam Pembuatan Akta Notaris di Indonesia3. Dr Habib Aji, S.H., M.H. (Ketua FK PS MKN PTS I)     Problematika Penerapan Cyber Notary dalam Pembuatan Akta Notaris di Indonesia Saat Ini dan Yang Akan Datang.4.  Ir. Bambang Wuryanto, MBA (Ketua Komisi III DPR RI)     Harmonisasi Perundang-undangan dalam rangka Penerapan Cyber Notary. Pelaksanaan pada hari Sabtu ini, 6 Juli 2024 pukul 12.00 wib hingga selesai bertempat di Auditorium , Unissula Kampus UnissulaJl. Kaligawe KM 4 Semarang.

Dr.Agung Iriantoro juga menjelaskan, dan ke depan, kita juga bersama-sama berbagai Prodi MKn baik itu PTS maupun PTN akan terus menggelar refresing course atau penyegaran keilmuan tentu dengan topik- topik yang tak kalah menarik dan up to date pastinya. (adi/jay/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *