Pentingnya Merajut Kerukunan Umat Beragama Yang Dimulai Dengan Toleransi

Nasional254 Views
Pentingnya Merajut Kerukunan Umat Beragama Yang Dimulai Dengan Toleransi

Stefanus Artanto, SH bersama istri serta tokoh pemuka agama di Nusa Tenggara Timur

MAUMERE ,NTT, ( indonesiapublisher.com) –Hari Paskah 2023 kemarin bertepatan dengan hari Jumat, 7 April 2023. Dan telah diperingati oleh seluruh umat Kristen di seluruh dunia pekan lalu. Dan perayaan Pekan Suci Paskah tersebut, rupanya dirasakan hingga saat ini.

Dikutip dari laman ImanKatolik.or.id, Hari Paskah adalah perayaan untuk mengenang kebangkitan Kristus dari kematian. Hal ini sangat penting bagi umat Kristen karena menjadi simbol ditebusnya dosa dan awal dari kehidupan kekal manusia.

Setibanya di Bandar Udara Gewayantana

Hari Raya Paskah ini adalah puncak dari masa 40 hari pra-paskah yang dilalui dengan doa, puasa dan berpantang. Hal ini bertujuan untuk mengenang minggu-minggu sengsara yang dialami Kristus sebelum memulai misinya di dunia.

Masa prapaskah ini dimulai dengan Rabu Abu dan berakhir pada hari Sabtu Suci, sehari sebelum paskah. Adapun minggu terakhir sebelum Paskah ini disebut sebagai pekan suci (Holy Week), yakni dimulai dengan hari Minggu Palma hingga Sabtu Suci.

prosesi peribadatan di gereja setempat saat Pekan suci Paskah

Jadwal Hari Paskah dan Pekan Suci 2023

Berikut jadwal lengkap rangkaian Pekan Suci hingga hari Paskah 2023:

Minggu Palma

Minggu Palma memperingati kedatangan Yesus Kristus ke Yerusalem sebelum menderita dan wafat di kayu salib. Pada hari ini, orang-orang menyambut Yesus dengan menghiasi jalan menggunakan daun palem atau cabang-cabang pohon zaitun.

Stefanus Artanto bersama istri Sesaat setelah pesawat landing di NTT

Kegiatan Minggu Palma ini jatuh pada hari Minggu, 2 April 2023.

Hari Paskah 2023 Tanggal Berapa? Ini Jadwal dan Temanya

Jadwal Hari Paskah dan Pekan Suci 2023

Berikut jadwal lengkap rangkaian Pekan Suci hingga hari Paskah 2023:

Minggu Palma

Minggu Palma memperingati kedatangan Yesus Kristus ke Yerusalem sebelum menderita dan wafat di kayu salib. Pada hari ini, orang-orang menyambut Yesus dengan menghiasi jalan menggunakan daun palem atau cabang-cabang pohon zaitun.

Kegiatan Minggu Palma ini jatuh pada hari Minggu, 2 April 2023.

Kamis Putih

Kamis putih adalah perayaan untuk mengenang peristiwa makan malam terakhir Yesus bersama para murid-Nya sebelum ia ditangkap dan disalibkan. Kamis Putih biasanya dirayakan dengan misa khusus di gereja-gereja Kristen, yang meliputi upacara membasuh kaki yang disebut “Mandatum”, perayaan Perjamuan Terakhir, dan penutupan dengan doa dan nyanyian.

Adapun jadwal Kamis Putih di pekan suci 2023 ini jatuh pada hari Kamis, 6 April 2023.

Jumat Agung

Jumat Agung adalah peristiwa ketika Yesus diadili dan dijatuhi hukuman mati oleh Pontius Pilateus. Kemudian selanjutnya ia disalibkan hingga wafat dan dikuburkan.

Pada Jumat Agung, umat Kristen mengadakan ibadah khusus yang mencakup pembacaan kisah sengsara Yesus, pengakuan dosa, doa-doa khusus, dan penghormatan terhadap salib. Beberapa gereja Kristen juga mengadakan prosesi yang melintasi jalan-jalan kota dengan membawa salib sebagai tanda penghormatan terhadap sengsara Kristus.

Stefanus Artanto diantara umat sesaat sebelum Perarakan Laut di Larantuka

Jumat Agung dianggap sebagai salah satu perayaan paling suci dalam agama Kristen, dan umat Kristen di seluruh dunia mengenang kematian Kristus sebagai pengorbanan yang menghapus dosa-dosa manusia dan membawa keselamatan bagi umat manusia. Setelah Jumat Agung, umat Kristen menunggu hingga hari Paskah tiba, yang merupakan perayaan kebangkitan Kristus dari kematian.

Adapun Jumat Agung ini jatuh pada hari Jumat, tanggal 7 April 2023.

Sabtu Suci

Rangkaian keempat dalam Pekan Suci selanjutnya adalah hari Sabtu Suci. Yakni hari ketika Yesus turun ke tempat penantiannya ke dunia orang mati untuk mengabarkan Injil.

Hari Sabtu Suci ini jatuh pada sehari sebelum paskah, yakni pada hari Sabtu, 8 April 2023.

Minggu Paskah

Puncak dari semua rangkaian ini adalah hari Minggu Paskah. Hari ini adalah moment ketika Yesus bangkit dari kematiannya di hari ketiga.

Hari ini dianggap sebagai kemenangan Yesus melawan maut dan dosa-dosa. Sekaligus menjadi simbol kehidupan kekal untuk para umat manusia.

Hari Minggu Paskah 2023 ini jatuh pada hari Minggu, 9 April 2023.

seorang anak yang minta digendong

Tema Hari Paskah 2023

Adapun tema hari Paskah tahun 2023 ini, telah ditetapkan bersama oleh Persekutuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI) dan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI). Tema ini temah diumumkan melalui lama resminya pgi.or.id, yakni “Ia mendahului kamu ke Galilea; Jangan Takut!” (Matius 28:7, 10).

Pdt. Dr. Arnold A. Abbas, Ketua Umum Gereja Masehi Injili Talaud (GERMITA), menyebutkan bahwa tema perayaan Paskah ini bermakna untuk menumbuhkan kekuatan dan harapan bagi umat manusia untuk bangkit dari keterpurukan dan penderitaan.

Perarakan Laut

“Yesus yang bangkit dari kematian, memulihkan iman murid-murid-Nya. Seperti kesaksian Injil Matius”: “Dan katakanlah kepada murid-murid-Nya bahwa Ia telah bangkit dari antara orang mati. Ia mendahului kamu ke Galile”. Maka kata Yesus kepada mereka: “Janganlah takut” (Matius 28:7 dan 10),” tulis Arnold dikutip dari laman PGI (5/4/2023).

“Dalam konteks itu, perayaan Paskah umat Kristiani memberikan kekuatan dan harapan bagi umat manusia untuk bangkit dari keterpurukan dan penderitaan. Sehingga kita memiliki optimisme menjalani hari-hari kedepan bersama Kristus yang bangkit,” imbuhnya.

Tanggal Merah dan Libur Nasional Pada Pekan Suci Paskah 2023

Rangkaian Pekan Suci Paskah 2023 ini akan berlangsung dari tanggal 2 April hingga 9 April 2023. Selama pekan suci ini terdapat sebuah hari yang ditetapkan sebagai tanggal merah dan libur nasional.

Hal ini sebagaimana ditetapkan pemerintah melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri No. 3 tahun 2022 tentang Hari Libur dan Cuti Bersama 2023.

Berdasarkan SKB ini, Hari libur dan tanggal merah ditetapkan pada hari Jumat, 7 April 2023. Yakni bertepatan dengan hari Jumat Agung atau lebih dikenal dengan Wafat Isa Al-masih.

Adapun pada hari Paskah, bertepatan dengan tanggal merah hari minggu, yakni 9 April 2023. Dengan demikian rangkaian hari Paskah ini menjadi long-weekend bagi masyarakat Indonesia.

Merajut Kerukunan Umat Beragama Yang Dimulai Dengan Toleransi

Berkaitan dengan Semarak memperingati Pekan Suci Paskah tahun ini tersebut, maka Stefanus Artanto,SH, yang merupakan seorang Notaris-PPAT senior di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) merayakan Hari Paskah tahun 2023 itu dengan melakukan ritual perjalanan rohaninya ke Maumere dan Flores,Nusa Tenggara Timur (NTT) bersama dengan keluarganya.

 Menurut Stefanus Artanto,SH, bahwa refleksi daripada perayaan Pekan Suci Paskah tahun ini selain memberi kesempatan umat Nasrani untuk merayakannya juga menjadi indikator semakin meningkatnya toleransi umat beragama.

Betapa tidak? ujar Stefanus Artanto lagi, Bisa kita lihat dibanyak gereja Misa Malam Paskah banyak dibantu oleh umat beragama non Kristiani untuk porsi teknis di luar gereja

“Saya rasa, Kedewasaan yang meningkat tentu membawa suasana kondusif dan konstruktif yang pada akhirnya memberi kontribusi pula untuk membangun masyarakat madani yang dilandasi peradaban kasih. (ars/adi/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *