Harapan Para Notaris Di Daerah Saat HUT Ikatan Notaris ke-113

Notaris- PPAT201 Views
Harapan   Para  Notaris Di  Daerah Saat HUT Ikatan Notaris ke-113

SOLO, INDONESIAPUBLISHER.COM  – Notaris Indonesia diharapkan dapat terus berkontribusi dalam pembangunan dan semakin berintegritas, beretika, dan professional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai kewenangannya selaku pejabat umum yang berwenang untuk membuat Akta otentik dan kewenangan-kewenangan lainnya yang diberikan undang-undang.

Sebagaimana  berdasarkan  pantauan   Tim  INDONESIAPUBLISHER.COM,  bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-113 pada Kamis 1 Juli 2021 lalu, Ikatan Notaris Indonesia (INI) melakukan peletakan batu pertama (Groundbreaking) gedung baru. Nantinya, gedung baru yang terletak di Jalan Minangkabau, Manggarai, Jakarta Selatan ini akan difungsikan sebagai Sekretariat INI.

Acara ini dihadiri secara luring oleh beberapa Pengurus Pusat INI sekaligus panitia dan daring oleh segenap jajaran Pengurus Pusat, Pengurus Wilayah, Pengurus Daerah, Dewan Kehormatan Pusat, Dewan Penasehat, Tim Pakar, Tim Kajian Hukum, Tim Kajian Kebijakan Publik, dan anggota INI dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Seperti diantaranya, Wirastuti (Bendum), Herna Gunawan (Sekretaris-MC), Zultrisman (Kabid Pembinaan Anggota-Pembaca Doa). Hadir pula rekan Firdhonal (DKP).

Ketua  Pengurus   Daerah  Kabupaten  Wonogiri   Ikatan  Notaris  Indonesia (Pengda Kabupaten   Wonogiri  INI),  Firdaus  Mukti,SH,M.Kn dalam  perbincangannya  dengan INDONESIAPUBLISHER.COM  di  Kota  Solo, Jawa  Tengah   baru-baru   ini  menegaskan,”Memang  kemarin  yang  saya  tahu  menandai peringatan HUT INI  ke-113 dilakukan pemotongan tumpeng dilanjutkan dengan penekanan tombol sirene dan penanaman secara simbolis prasasti atau batu pertama yang menandai dimulainya pembangunan gedung INI”.

Firdaus   Mukti mengatakan,  pembangunan Gedung INI dikabarkan rencananya ditargetkan selesai dalam 1 tahun agar dapat segera ditempati untuk kegiatan-kegiatan dan fungsi kesekretariatan PP INI.

Sejumlah Pengurus Pusat Ikatan Notaris Indonesia dan Panitia Pada Peringatan HUT INI di Jakarta (1/7/2021) lalu

Ia mengatakan, saat HUT INI ke-113, ada penyampaian ucapan selamat dari perwakilan sejumlah kementerian/lembaga pemerintah, organisasi/institusi serta beberapa Pengurus Wilayah yang ditayangkan secara langsung melalui layar kaca. Dan  kami jajaran dilevel  Pengdapun  terus  terang  angkat  topi  dan sangat  mengapresiasi langkah  Ibu  Ketum  INI,   Ibu  Yualita  Widyadhari,SH,M.Kn   beserta  jajaran  PP  INI.

“Dalam acara ini menurut info yang saya dengar juga INI me-launching KTA versi baru menggunakan chip dengan penyerahan secara simbolik mock up KTA INI versi baru dari Ketua Bidang Organisasi PP INI Taufik kepada Ketua Umum INI Yualita Widyadhari dan Sekum INI Tri Firdaus Akbarsyah,” kata Firdaus  Mukti.

Firdaus  Mukti  mengungkapkan,  Refleksi  Momentun  peringatan  HUT  INI  Ke-113  sejatinya   yang  terpenting  bukan  hanya  sekedar pada  formalitas  seremonial acaranya semata,  namun  terpulang  kembali kepada  personal   masing-masing  rekan-rekan  Notaris  itu  sendiri.  Bagaimana  dia  mampu  menegakkan  Kode Etik  Notaris, Menegakkan  Anggaran  Dasar/  Anggaran  Rumah  Tangga  Perkumpulan,  menegakkan  UUJN demi  menjunjung  tinggi  marwah,  harkat, martabat, kehormatan  tugas dan jabatan Notaris.

TANGGAPAN  DARI  IMAN  IKHSANTO,SH,M.KN BERKAITAN  HUT  INI KE-113  

https://a0d4cd4a7ddecb4b5a29726160a648c2.safeframe.googlesyndication.com/safeframe/1-0-38/html/container.html Menginjak usia ke-113  Tahun  INI,  Notaris-PPAT  yang   juga  Sekretaris  Pengda   Kabupaten  Pemalang  INI,  Iman  Ikhsanto,SH,M.Kn   berkeinginan agar INI tetap menjadi rumah bagi semua anggota dan terus meningkatkan eksistensi untuk memberikan manfaat kepada masyarakat, sehingga hadinya INI sangat dirasakan baik oleh anggota INI, masyarakat, bangsa, dan negara.

“Berharap INI tetap menjadi rumah bagi semua anggota INI dan Notaris untuk meningkatkan eksistensi dan memberi banyak manfaat,” ujarnya.

Iman  Ikhsanto  yang  sekaligus  menjabat  Ketua  Pengda  IPPAT  Kabupaten  Pemalang itu  juga berharap Notaris Indonesia dapat terus berkontribusi dalam pembangunan dan semakin berintegritas, beretika, dan professional dalam memberikan pelayanan kepada masyrakat sesuai kewenangannya selaku pejabat umum yang berwenang untuk membuat akta otentik dan kewenangan-kewenangan lainnya yang diberikan undang-undang.

“Notaris Indonesia harus terus dapat berkontribusi dalam pembangunan dan semakin berintegritas, beretika dan professional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” harapnya.

“PP INI  harus  terus  hadir  di tengah-tengah  anggotanya,  ketika  terjadi  masalah  di  tingkat  level  daerah  misalnya,  maka  PP INi  harus  bertindak cepat  dengan  merespon  apa  yang  terjadi  misalkan  diestimasi problematikanya  berskala  berat  dan  win-win  solusinya  mesti  harus  lewat  PP  INI  tentunya  atas  dasar  rekomendasi  dari Pengwil  INI  terkait  di  suatu  daerah  misalnya,”tegas Iman  Ikhsanto.

TANGGAPAN  DARI  H. UNTUNG  WALUYO,SH

Sementara  itu, salah  seorang  Notaris-PPAT  senior  di  Kabupaten  Pemalang,  Jawa  Tengah, H.Untung  Waluyo,SH     menginginkan, di usia INI yang sudah 113 tahun ini, mengharapkan agar Notaris Indonesia lebih profesional dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dan mendukung program-program pemerintah. “Ke depannya INI dapat terus bersinergi dan menjalani hubungan yang strategis dengan segenap pemangku kepentingan,” ujarnya.

Untung  Waluyo  mengatakan dengan adanya gedung yang representatif diharapkan dapat menjadi tempat yang multifungsi. Misalnya, selain untuk peningkatan keilmuan bagi anggota, gedung baru INI juga bisa berfungsi untuk berbagai kegiatan organisasi lain guna meningkatkan kinerja organisasi untuk mencapai tujuannya.

Ketua  Dewan  Kehormatan  Daerah  (DKD)  Pengda  Kabupaten  Pemalang INI  tersebut juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi memeriahkan HUT INI ke-133 baik yang telah mengirimkan ucapan HUT dalam bentuk video maupun karangan bunga, serta seluruh pengurus pusat INI dan anggota INI yang telah hadir baik secara daring maupun luring kemarin.

“Semoga semua perhatian, doa dan harapan dapat menjadikan INI dan Notaris Indonesia lebih maju dan jaya,” imbuhnya.  (ars/red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *