by

446 Peserta Ikuti Seleksi ALB Dan Maber Pengwil Jateng INI

SEMARANG, INDONESIAPUBLISHER.COM –  Pengurus Wilayah Jawa Tengah   Ikatan Notaris  Indonesia (Pengwil Jateng  INI) menyelenggarakan kegiatan rutin  yaitu  Seleksi Anggota  Luar  Biasa  (ALB)   dan  Magang Bersama (Maber) Semester 1,2,3  dan  4 pada hari Kamis –Jum’at,  27 -28  Mei 2021 lalu   bertempat  di  hotel  Grasia Jalan  Letjend  S.  Parman,Kota   Semarang, Jawa  Tengah.

Pemaparan Dari Panitia Seleksi ALB dan Maber Semester 1

Berdasarkan pantauan indonesiapublisher.com,  Seleksi ALB  yang  dimulai  pada  (Kamis, 27 Mei 2021 Pkl  07.00 – Selesai ( 150  peserta Clasroom)

Peserta Maber Semester 2

Magang Bersama Semester 1 Kamis 27 Mei 2021 Pkl 12.00- selesai peserta 100  classroom

Magang Bersama Semester 2  Kamis 27 Mei 2021  Pkl 07.00 – 12.30 WIB

Peserta 80  Orang    

Magang Bersama Semester 3 (Jumat 28 Mei 2021 jam 07.00 –12.00)

PESERTA 70  orang (Roundtable )

Magang Bersama Semester 4 (Jumat, 28 Mei 2021 jam07.00 – selesai 12.00)

Peserta  46 orang Roundtable

Peserta Maber 3sedang ikuti pemaparan

Kegiatan   Seleksi   ALB  dan  Maber  Semester 1,2,3  dan  4 tersebut diikuti mayoritas dari Jawa Tengah, akan tetapi di luar Jatengpun ada yang mengikuti. Periode  SELEKSI ALB  DAN MABER edisi  Mei 2021 ini, di hadiri oleh Ketua Pengwil Jateng  INI,Dr. Widhi Handoko, SH. . SpN, Sekretaris Umum , Dr. Catharina  Mulyani   Santoso,SH,MH, Wakil  Ketua Pengwil Jateng INI  Bidang  Prodi dan  Magang,  Esti Tridarwanti,SH   beserta   seluruh  panitia  pelaksana  Seleksi  ALB  dan  Maber  1,2,3 dan  4,  para  tentor   serta  para  penguji.

Para Penguji dan Tentor tetap solid dan kompak

Dikesempatan acara, Wakil Ketua  Pengwil Jateng  INI  Bidang  Prodi  dan  Magang,  Esti  Tri  Darwanti,SH mengatakan bahwa pelaksanaan  Seleksi  ALB   dan maber kali ini persiapannya intens  dan  matang   jauh-juah   hari   lamanya. Bahkan Kegiatan ini sudah sesuai dengan Protokol covid, ditambah dengan surat keterangan bebas covid atau antigen dan selain itu juga tahapan materi sesuai dengan untuk masing-masing Peserta  Seleksi  ALB  dan maber. Sebagaimana dengan aturan dan intruksi PP INI. Bahkan waktunyapun tidak menambah dan tidak mengurangi semuanya tepat waktu sesuai dengan aturan yang sudah di tetapkan.

Nampak peserta Maber semester 3 dan 4 dalam sesi pembelajaran

Selanjutnya   Esti Tridarwanti menambahkan, penyampaian materi kepada peserta, di bagi menjadi 4 ruangan. Terdiri dari semester 1 ,2,3 dan 4. Adapun materi-materi yang disampaikan diantaranya: kode etik, managemen kantor, Hukum keluarga, Hukum waris, TPA perjanjian dan TPA lembaga dan non lembaga dan sebagainya. “Tentunya saya berharap, mudah-mudahan peserta  Seleksi  ALB dan maber   pada  periode Mei ini semuanya bisa meresap penjelasan ilmu-ilmu dari para pemateri”,ujarnya.

Para tentor dan penguji tetap spirit dan padu

Sementara itu dikesempatan yang sama, ketua Pengwil  Jateng INI, Dr.  Widhi Handoko, SH, ,SpN, mengakui bahwa dengan sistem pelaksanaan maber pola penempatan kelas per semester itu, merupakan pelaksanaan maber yang ke beberapa kali dilaksanakan dimasa pandemi ini.

Dr. Widhi Handoko,SH,SpN bersama Panitia Pelaksana Seleksi ALB dan Maber Semester 1,2,3 dan 4 Periode Mei 2021

“Dengan demikian, peserta bisa fokus belajar sesuai dengan tahapan-tahapan semester yang telah ditentukan,” ungkapnya.

Menurut Widhi, terkait materi magang bersama, materi yang disampaikan tetap mengacu pada ketetapan yang sudah digariskan oleh PP INI. Hanya saja memang, di Jawa Tengah di sesuaikan dan diseimbangkan sesuai dengan perkembangan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku saat ini. “Artinya kita tekankan kepada para pemateri agar update ilmu sesuai perkembangan ilmu kenotariatan yang ada. Dan lagi para pemateri juga sudah ada mentor nya masing-masing,” tandasnya.

Peserta tetap bersemangat selamamengikuti Magang bersama semester 3 dan 4

“Para peserta magang tahun 2021 kita bagi menjadi empat kelas. Karena kita berpegang pada aturan prokes yang dibuat oleh PP INI dan juga aturan Pemerintah.Dan dia juga berharaf peserta magang ini kedepan bisa lulus semua jadi Notaris   yang  handal   dan  profesional”. Ujar Widhi   mengakhiri wawancaranya. (jay/red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed